Padu Padan Busana Muslimah Trendy

Baju muslim modern ikut berkembang pula seiring dengan perputaran mode di dunia. Dengan ragam potongan dan corak, baju muslim seolah tidak ingin ketinggalan dengan model fashion lainnya, terutama bagi fashion muslimahnya. Disebut baju muslim modern karena tidak lagi hanya berbentuk 1 potongan yang panjang saja, namun sudah ada variasi potongan yang trendy serta lebih stylish.

Padu padan baju muslimah pun kini lebih kreatif lagi. Sehingga baju muslim modern ini tidak hanya cocok digunakan untuk hari raya Islam saja, tapi juga untuk busana kerja maupun busana santai. Para desainer baju muslim yang juga bermunculan menawarkan desain fresh sehingga membuat para wanita tertarik dengan fashion muslimah ini. Jadi, bagi para wanita tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan pakaian muslimahnya. Karena busana muslimah ini tidak lagi dipandang sebelah mata, malah saat ini sudah mendapat tempat khusus di ranah fashion Indonesia.

Memadukan busana muslimah

Jika ingin mendapatkan tampilan busana muslimah yang trendy, tentu tidak sembarang dalam memadu padankan model atau warnanya. Busana muslimah memiliki beberapa aturan seperti tidak ketat dan tidak transparan. Sehingga ketika memadu padankan busana muslimah ini, harus tidak boleh keluar dari aturan-aturan tersebut. Yang terpenting juga paduan busana muslimah ini jangan sampai malah menimbulkan kesan norak. Di bawah ini adalah jenis paduan busana muslimah :

· Paduan busana muslim elegan

Bisa dihasilkan dari paduan atasan dengan bawahan rok. Untuk bawahan roknya pun bisa yang berbentuk rok lebar mengembang atau rok span. Bagi penggunaan rok span sebisa mungkin atasannya harus memiliki panjang hingga sepaha. Untuk bawahan dengan rok mengembang, atasannya bisa berupa blouse atau kaos, tapi untuk panjangnya usahakan tidak terlalu panjng, cukup pas pinggang atau pinggul saja.

Yang terpenting ketika digunakan beraktivitas, bagian atasannya tidak akan mengganggu atau memperlihatkan bagian punggung dan perut ketika mengangkat tangan. Biasanya ketika menggunakan rok akan dilengkapi pula dengan dalaman berupa legging, sehingga saat melangkah, duduk atau naik kendaraan bermotor lebih aman. Sebaiknya gunakan legging yang sewarna dengan rok.

· Paduan busana muslim aktif

Cocok untuk wanita muslimah yang aktif berkeja. Menggunakan abaya saat bekerja mungkin kurang praktis, sehingga bisa diakali dengan pemakaian tunik. Tunik merupakan pakaian longgar namun dengan model yang lebih bervariasi ketimbang abaya. Sehingga bisa dipadukan juga dengan celana atau rok. Untuk busana muslim aktif ini juga bisa digunakan jas atau bolero agar lebih terkesan formal. Untuk bawahan celana biasanya yang dipakai adalah celana kulot yang tidak terlalu ketat.

· Paduan busana muslim sporty

Paduan busana muslim ternyata untuk pecinta gaya sporty juga sangat banyak. Pemakaian kaos serta bawahan berupa celana jogger longgar adalah ide yang cukup bagus. Tentu saja kaosnya pun bukan kaos ketat, namun kaos longgar hampir seperti sweater. Bisa juga dengan menggunakan kaos berhoodie. Tampilan sporty juga bisa didapat dengan pakaian muslimah yang memiliki gaya resliting depan serta saku di bagian samping.

· Paduan busana muslim kasual

Untuk gaya kasual sebenarnya lebih bermain di jenis bahan dan potongan baju yang simple. Contohnya dengan t-shirt panjang serta celana jeans. Namun karena jeans ini biasanya ketat lebih baik gunakan t-shirt yang panjangnya hingga sepaha atau selutut. Gaya kasual feminim juga bisa diperoleh dari padu padan t-shirt dengan rok A-line.

Tips memadukan busana muslimah

Agar busana muslimah yang dipakai terlihat trendy dan modis penting untuk memperhatikan beberapa faktor berikut sebelum memadukannya :

· Bentuk tubuh

Cara memadukan pakaian bagi pemilik tubuh kecil tentu berbeda dengan pemilik tubuh besar. Ada model pakaian tertentu yang cocok untuk tubuh besar ada pula yang tidak. Seperti pada tubuh besar lebih baik menggunakan model pakaian muslimah yang lebih longgar. Sedangkan untuk tubuh pendek sebaiknya hindari atasan yang panjangnya hampir selutut, karena terkesan lebih tenggelam.

· Warna

Paduan warna yang cantik akan membuat pakaian terlihat lebih trendy meskipun modelnya biasa-biasa saja. Paduan warna monocrom seperti hitam dan putih sangat cocok untuk busana muslim kerja. Sedangkan paduan warna pastel seperti baby blue, krem atau tosca sangat cocok untuk busana muslim santai atau berjalan-jalan.

· Sesuaikan dengan jilbab

Busana muslimah pasti tidak lepas dengan jilbabnya. Ada beragam gaya jilbab yang bisa disesuaikan dengan model busana muslim yang dipakai. Selain keserasian warna, hindari pula pemakaian jilbab yang terlalu bertumpuk dan rumit. Karena menampilkan kesan yang penuh dan berlebihan.

· Corak busana

Jika ingin menggunakan busana muslimah yang bercorak, sesuaikan dengan warna jilbab ataupun bentuk tubuh. Karena corak tertentu bisa membuat proporsi tubuh tidak bagus. Contohnya bagi tubuh besar sebaiknya hindari corak yang berbentuk horizontal atau memiliki corak besar. Dulunya busana muslim hanyalah polos saja, namun seiring berkembangnya fashion muslim, corak yang beraneka bentuk sudah mulai diaplikasikan pada baju muslim modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *